Ingin Mengadakan Pesta Pernikahan Saat Virus Corona Menyerang? Yuk Baca Tips Ini Dulu!

Akhir-akhir ini, khususnya di Indonesia sudah ramai mengenai menjangkitnya virus Covid-19 atau corona yang kita ketahui sudah menyebar di seluruh dunia. Wabah virus ini membuat seluruh masyarakat kebingungan dan panik, terutama bagi pasangan calon pengantin.

Sudah mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan hampir 80%. Di mulai dari, penyewaan gedungkateringMUAfotografi dan videografidekorasi, bahkan sampai sudah tersebarnya kartu undangan pada keluarga dan kerabat yang menginginkan mereka hadir pada hari pernikahan kamu.

Tak mungkin kan, segala persiapan sudah hampir matang dan juga kartu undangan sudah disebar namun kamu batalkan begitu saja karena virus corona ini? Mungkin bisa saja iya, tetapi rasa gengsi pun ada juga, kan?  

Maka dari itu, boleh saja kamu tetap menggelar sebuah acara pesta pernikahan kamu. Namun, kamu perlu menerapkan kebiasaan baru untuk menjaga diri dan orang lain untuk tidak menularnya sebuah virus tersebut. penasaran, kan apa saja kira-kira tips yang perlu kamu lakukan?

Inilah beberapa tips yang perlu kamu lakukan dalam menggelar sebuah pernikahan saat corona sedang menyerang. Yuk, simak baik-baik!

  1. Menyediakan alat cek suhu tubuh

Setiap tamu undangan yang menghadiri sebuah acara pesta pernikahan, biasanya sebelum memasuki venue tersebut. Tentunya selalu singgah sejenak di meja selamat datang untuk mengisi daftar nama tamu undangan yang hadir sekaligus akan diberikan souvenir dari pagar ayu yang menjaga.

Nah, kalau sudah masuk ke dalam venue dan sudah dapat dipastikan di dalam venue tersebut akan banyak sekali tamu yang melakukan komunikasi dengan orang lain. Bisa saja diantara salah satu tamu undangan yang hadir mempunyai riwayat gejala virus corona.

Maka dari itu, untuk menghindari penyebaran virus tersebut, sebelum tamu undangan mengisi daftar tamu yang hadir. Kamu perlu menyediakan alat cek suhu tubuh untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada tamu undangan yang hadir untuk memastikan bahwa suhu tubuh yang dialami dari sekian tamu undangan yang hadir pun normal.

Kalaupun mereka aman ketika pengecekan suhu, maka tamu undangan tersebut diperbolehkan untuk masuk. Kita harus tetap waspada namun tidak boleh panik bahkan sampai menyakiti perasaan orang lain.

  1. Menyediakan ruang isolasi khusus

Ketika sedang menggelar sebuah acara pesta pernikahan saat virus corona menyerang, pastikan kamu juga perlu menyediakan ruang isolasi khusus, ya. Ketika dalam proses pengecekan suhu tubuh, pasti ada saja yang tidak lolos karena suhu tubuh yang dialami pun tinggi.

Nah, kalau di pesta pernikahan kamu kedapatan tamu undangan yang mengalami suhu tubuh yang tinggi atau memang kondisi yang dia alami pun kurang fit. Kamu bisa segera membawa dia ke ruang isolasi khusus untuk ditindaklanjuti.

Namun, di sini juga kamu perlu menyikapinya secara baik dan sopan ya, ladies. Karena kita tidak pernah tahu perasaan orang lain dan jangan sampai menyakiti perasaannya.

  1. Menyediakan hand sanitizer

Terlepas dari tamu undangan yang terdeteksi ketika suhu tubuhnya tinggi dan fisik yang terlihat kurang fit. Pastinya di dalam venue tersebut merupakan beberapa orang yang terlepas dari itu semua. Walaupun para tamu undangan bisa dikatakan sehat, tetapi kamu juga perlu waspada, lho.

Karena bisa saja tamu undangan tersebut mengalami gejala virus corona, hanya saja imun pada tubuhnya kuat. Jadi, tidak terlalu terlihat dampak dari virus tersebut.

Agar tetap waspada di keramaian ketika saat menggelar sebuah acara pesta pernikahan, kamu juga perlu menyediakan hand sanitizer di beberapa titik. Seperti di setiap pintu masuk, ketika ingin bersalaman dengan pasangan pengantin, toilet, dan juga dekat tempat makanan. Pasti keempat titik itu selalu dilalui oleh para tamu undangan, kan?

Seperti yang kita ketahui dari media sosial, di pernikahan Renardi Andika dan Vinni Andrayni. Sang wedding organizer ini menerapkan untuk setiap para tamu undangan yang ingin mengucapkan selamat pada pengantin dengan cara bersalaman ini untuk memakai hand sanitizer terlebih dahulu.

Ide ini pun lahir dari mempelai yang tetap waspada akan menyebarkan virus corona ini. Salah satu langkah yang mudah untuk kamu lakukan namun bisa berdampak besar bagi lingkungan sekitar, kan?

  1. Hindari kontak fisik secara langsung

Tentunya, disebuah acara pesta pernikahan, tak jarang para tamu undangan yang melakukan kontak fisik secara langsung dengan tamu undangan yang lainnya. biasanya, ketika sebuah acara pesta pernikahan itu dijadikan sebagai momentum untuk reunian bagi segelintir orang, lho.

Untuk tetap menjaga diri dan juga waspada dalam mencegah penyebaran virus corona ini, kamu pelu menghimbau pada para tamu undangan yang hadir untuk tidak melakukan kontak fisik secara langsung.

Kalaupun kebanyakan tamu undangan yang hadir sedang berkomunikasi dengan tamu undangan yang lain, disarankan untuk memberi jarak 1-2 meter. Karena kita tidak pernah tahu cipratan air liur yang keluar dari mulutnya itu membawa virus berbahaya atau tidak, ya.

  1. Membuat jadwal tamu undangan yang hadir

Inilah salah satu tips yang penting ketika menggelar sebuah acara pesta pernikahan di saat virus corona menyerang, yaitu dengan kamu membuat jadwal tamu undangan yang hadir. Biasanya, ketika keadaan sedang normal, semua tamu undangan akan dijadikan dalam satu waktu, dengan jam kedatangannya saja yang berbeda sesuai dengan keinginan masing-masing.

Namun, untuk sekarang ini, keadaan sedang tidak bersahabat dan bersamaan dengan pesta pernikahan kamu. untuk mencegah penyebaran virus corona di acara pesta pernikahanmu, kamu perlu membuat jadwal tamu undangan yang hadir. Misalnya, kloter pertama untuk keluarga besar dari kedua belah pihak yang akan dilaksanakan pukul 11.00-12.00 WIB.

Nah, untuk kloter kedua hanya untuk kerabat dari masing-masing pasangan pengantin yang akan dilaksanakan pukul 13.00-15.00 WIB. Dengan cara yang seperti itu merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu terapkan jikalau keadaannya sedang seperti ini sehingga lebih banyak ruang dan tidak berdesakan. dengan tujuan agar para tamu undangan masih mempunyai jarak dan lebih safety untuk diri sendiri dan orang lain.

  1. Mengubah konsep penyajian hidangan

Pastinya, untuk mencegah penyebaran virus corona di acara pesta pernikahan kamu, semua konsep yang sudah diterapkan seperti biasanya akan berubah 100%. Tak usah heran, ini dilakukan hanya demi kepentingan dan kesehatan bersama, lho. Biasanya, para tamu undangan akan disajikan makanan berupa prasmanan, namun untuk saat ini tidak.

Saat ini, kamu perlu mengubah konsep penyajian hidangan, yaitu berupa menjadi nasi kotak dan makannya pun di rumahnya masing-masing yang memiliki tujuan agar para tamu undangan tidak kerumunan yang memudahkan virus tersebut menyebar.

Pasti kamu bisa membayangkan seperti apa acara pesta pernikahan kamu dengan konsep penyajian yang seperti ini kan, ladies? Huh. Tidak usah bersedih, ini merupakan salah satu alternatif yang sangat ampuh untuk kamu lakukan.

  1. Menunda pesta pernikahan sampai wabah virus ini mereda

Nah, inilah tips yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan wabah virus corona yang satu ini dengan menunda sebuah acara pesta pernikahan sampai wabah tersebut ini mereda. Memang kartu undangan sudah kamu sebar, namun tidak ada salahnya kalau kamu menginformasikan pada mereka. Jangan dibesarkan rasa gensimu, ya. Karena ini demi kesehatan bersama.

 

nah, itulah ulasan mengenai tips yang perlu kamu lakukan ketika menggelar sebuah acara pesta pernikahan saat corona menyerang. Tetap tenang namun waspada, oke?

sumber : https://www.weddingmarket.com/artikel/wedding-tips/pernikahan-saat-corona

Recomendation News