Tips Menikah di Usia Muda

Inilah Tips Menikah di Usia Muda Menurut Pandangan Islam 

Menikah dalam Islam adalah hal yang sangat dianjurkan. Dalam Islam, memutuskan menikah di usia muda bukanlah suatu masalah. Namun, sebelum memutuskan untuk menikah, pastikan Anda ketahui tips menikah di usia muda yang akan kami paparkan di sini. 

Berikut beberapa tips menikah menurut pandangan Islam untuk pasangan muda:

  • Benahi Diri ke Arah yang Lebih Baik

Setiap manusia tentu sangat mendambakan pasangan yang sholeh atau sholehah. Namun, hal tersebut hanya bisa diperoleh jika Anda pun berusaha untuk lebih baik. Menurut Surat An-Nuur (24):26, Allah menciptakan jodoh kita sesuai dengan cerminan diri kita sendiri. Laki-laki yang baik untuk wanita yang baik. Begitu juga sebaliknya, laki-laki yang keji, untuk wanita yang keji.

  • Membekali Diri Dengan Ilmu Agama

Ilmu agama tidak hanya akan menjadi bekal Anda di dunia. Ilmu agama juga akan menjadi bekal kelak di akhirat. Agar bisa membangun keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah, Anda dan pasangan harus membekali diri dengan ilmu. Perkaya diri Anda dengan ilmu agama, khususnya tentang pernikahan. Dengan memahaminya, maka pernikahan akan dijalani secara ringan.

  • Persiapan Materi

Agama Islam juga mewajibkan laki-laki yang ingin menikah untuk memiliki kesiapan materi yang cukup. Finansial adalah hal yang harus dipenuhi dalam menjalani kehidupan. Tidak perlu kaya raya, yang penting pendapatan Anda cukup untuk memenuhi kewajiban. Kewajiban yang dimaksud seperti mahar, acara walimah, hingga memberi nafkah kepada anak dan istri kelak. 

  • Tentukan Pasangan yang Tepat

Menikah di usia muda boleh-boleh saja. Tapi, dalam menentukan pasangan tidak boleh dilakukan dalam waktu yang singkat. Anda harus menjatuhkan pilihan secara teliti dan penuh pertimbangan. Jangan sampai kelak pernikahan Anda harus berakhir karena alasan ketidakcocokan. 

  • Tips Memilih Calon dengan Kriteria Terbaik

Dalam Islam, ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam menentukan pasangan. Pasangan Anda harus dari keluarga yang baik nasabnya (bukan keluarga ahli maksiat dan pezina). Umat Islam wajib menikah dengan satu sekutu, atau tidak jauh kekayaannya, keagamaannya, dan kemerdekaannya. 

Bagi laki-laki, wajib memilih calon istri yang mampu menjaga auratnya, memahami kewajibannya, dan taat kepada suami adalah hal kebaikan. 
 

  • Mantapkan Pilihan dengan Shalat Istikharah

Meminta petunjuk kepada Allah SWT sangat dianjurkan bagi setiap pasangan. Untuk memantapkan diri, lakukanlah shalat istikharah. Mintalah kepada Allah agar diberikan pilihan pasangan yang baik. Panjatkanlah doa agar Allah memantapkan Anda dalam menentukan pilihan yang sudah dipilih

  • Perencanaan Rumah Tangga yang Matang

Dalam Islam, pernikahan sejatinya tidak boleh berorientasi pada harta. Perencanaan yang dimaksud bukan hanya dari sisi finansial. Jangan sampai Anda menunda pernikahan hanya karena harta Anda belum cukup. Karena, Rasulullah Shallalhu alaihi wassallam, mengajarkan umatnya untuk hidup secara sederhana, atau qanaah

Rumah tangga juga merupakan sebuah organisasi. Sehingga, diperlukan manajemen yang terstruktur. Di sinilah kita harus matang dalam perencanaan. 

  • Persiapkan Mahar (untuk Laki-Laki)

Bagi laki-laki yang sudah mantap menikah di usia muda, siapkanlah mahar untuk calon istri Anda. Mahar atau mas kawin adalah kewajiban calon mempelai pria. Dalam Islam, mahar memiliki status hukum wajib. Ukuran mahar disesuaikan dengan keinginan calon mempelai wanita. Demikian ulasan seputar tips menikah di usia muda menurut pandangan Islam. Semoga penjelasan artikel di atas bisa menjadi referensi Anda untuk memiliki kehidupan pernikahan yang sesuai harapan dan diridhoi Allah.



Referensi : https://www.plaminan.com/blog/tips-menikah-di-usia-muda-menurut-islam/

Recomendation News