Persiapan Pernikahan Tidak Boleh Dilakukan Dalam Waktu Singkat, Ini 14 Hal yang Harus Disiapkan

Persiapan Pernikahan Tidak Boleh Dilakukan Dalam Waktu Singkat, Ini 14 Hal yang Harus DisiapkanFoto: Hello Magazine

Sebelum kamu menggelar sebuah acara pernikahan, kamu dan pasangan harus mengurus beberapa persiapan pernikahan yang mendukung. Mengapa demikian? Karena sebuah acara pernikahan merupakan sebuah momen spesial yang penuh kebahagiaan dari dua insan yang saling mencintai yang mendambakan sosok pendamping di dalam hidupnya.

Mungkin, sebagian besar orang mudah untuk mengucapkannya. Namun, tak mudah untuk mempersiapkan pernikahan karena membutuhkan proses yang matang. Bagaimana tidak, mulai dari undangangaun pengantincateringvenue, hingga dekorasi yang tepat untuk pernikahan dan lain sebagainya itu dipikirkan secara bersamaan.

Tidak mungkin untuk menyiapkan beberapa hal keperluan pernikahan butuh waktu yang lumayan singkat. Semua hal tersebut harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari sebelum hari pernikahanmu tiba. Dengan begitu, acara pesta pernikahanmu akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginanmu dan pasangan, lho.

Memang, sekarang banyak sekali anak muda yang memutuskan untuk menikah muda. Namun, sayangnya mereka pun masih belum paham apa saja persiapan pernikahan yang harus mereka rencanakan dari jauh-jauh hari sebelum hari H.

Hasilnya, acara pesta pernikahan mereka pun berjalan dengan baik walaupun tidak sesuai dengan ekspetasi. Mengapa demikian? Ya alasannya tidak lain dan tidak bukan. Karena memang mereka mempersiapkan segala keperluannya dalam waktu yang cukup singkat.

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin menikah. Persiapkan segala keperluan pernikahan dari jauh-jauh hari. Agar pesta pernikahanmu sesuai dengan ekspetasi yang kamu inginkan.

Ini ada beberapa persiapan pernikahan yang tidak boleh kamu lakukan dalam waktu yang singkat. Simak baik-baik, yaa.

 

Persiapan Pernikahan Tidak Boleh Dilakukan Dalam Waktu Singkat, Ini 14 Hal yang Harus Disiapkan Foto: My Jewish Learning

 

 

1. Menentukan Budget

Inilah tahap pertama yang harus kamu lakukan sebelum menentukan konsep pernikahan. Persiapan pernikahan ini sering menjadi pertimbangan bagi pasangan calon pengantin. Apakah itu? Ialah dalam menentukan budget yang ingin kamu digunakan untuk acara pesta pernikahanmu nanti.

Budget yang dimiliki setiap pasangan calon pengantin pun tentu berbeda. Dikarenakan budget tersebut disesuaikan dengan keinginan dan kemampuan dari masing-masing pasangan calon pengantin itu sendiri.

Namun, kamu tidak usah memikirkan seberapa besar nominal yang perlu kamu siapkan. Hal terpenting di sini adalah kesesuaian antara budget yang sudah kamu siapkan dengan budget yang kamu keluarkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kalau kamu dan pasangan sudah memiliki kesepakatan perihal budget maksimal yang bisa dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan pernikahan. Maka, budget yang harus kamu keluarkan untuk biaya catering, sewa venue, makeup artist, sewa atau membeli gaun pengantin dan lain sebagainya pun harus disesuaikan.

Dengan menentukan budget maksimal merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu dan pasangan lakukan. Untuk dapat menghindari terjadinya pembengkakan biaya pernikahan yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan.

Namun, tidak usah khawatir karena ada cara alternatif lainnya yang bisa kamu lakukan, lho. Salah satunya adalah kamu juga perlu menyisihkan budget khusus kisaran 10% dari total budget secara keseluruhan yang akan kamu gunakan untuk biaya pernikahan.

Mengapa kamu harus menyisihkan budget pernikahan kisaran 10%? Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu terjadinya pembengkakan biaya. Pada dasarnya, sebuah acara pesta pernikahan bukan hanya menyangkut satu pihak saja. Melainkan dua pihak pasangan pengantin.

Intinya adalah kamu dan pasangan harus menentukan budget pernikahan yang ingin dikeluarkan secara bersama-sama.

2. Menentukan Konsep Pesta Pernikahan

Ketika persoalan menentukan budget pernikahan sudah selesai antara kamu dan pasangan. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam persiapan pernikahan adalah mententukan konsep pesta pernikahan.

Dalam menentukan sebuah konsep pernikahan, harus dilakukan dari sejak awal. Dikarenakan konsep inilah bisa mencakup semuanya. Seperti misalnya dekorasi venue pernikahan, gaun pengantin, dan hal lainnya yang berkesinambungan.

Akhir-akhir ini, mengusung konsep outdoor garden untuk pesta pernikahan menjadi salah satu pilihan yang digandrungi sebagian besar pasangan calon pengantin. Di mana konsep tersebut mampu memadukan keindahan taman yang dilengkapi bunga-bunga yang cantik. Dengan begitu, akan memberikan kesan suasana pesta pernikahan yang lebih intimate.

Pasangan pengantin bebas memilih konsep sesuai dengan keinginan. Namun, ketika kamu ingin mengusung konsep mengenai kebudayaan setempat. Maka, memilih konsep pernikahan tradisional pun juga sangat menarik.

Dengan kamu memilih konsep tradisional di pesta pernikahanmu. Tentunya, kamu juga harus paham bagaimana tradisi dan budaya yang berlaku sehingga acaramu bisa berlangsung lebih hikmat.

Ada pula konsep indoor yang dekorasinya di tata seperti di negeri dongeng pun sangat digemari oleh pasangan pengantin yang memiliki budget lebih. Tentunya, untuk mengusung konsep yang seperti ini memang dibutuhkan dekorasi serta pernak-pernik yang cukup memakan biaya besar.

3. Memilih Catering yang Tepat

Persiapan pernikahan penting yang tidak boleh kamu lakukan secara mendadak ialah Catering atau menu hidangan makanan yang ingin disajikan. Ada banyak sekali variasi menu hidangan yang bisa kamu sajikan itu sering kali membuat pasangan calon pengantin merasa kebingungan. Maka dari itu, kebanyakan pasangan pengantin justru memilih menu hidangan yang kurang tepat untuk disajikan para tamu undangan.

Kalau kamu memilih catering pernikahan yang tepat dan lezat, itu akan membuat para tamu undanganmu merasa bahagia. Perihal itu semua harus kembali lagi pada budget yang sudah kamu tentukan bersama dengan pasangan. Sebaiknya memilih catering yang sesuai dengan budget namun cita rasa yang diciptakan pun tak dapat dikalahkan.

Tidak perlu kamu memilih menu hidangan yang terlalu mewah. Cukup kamu pastikan bahwa hidangan tersebut memiliki kriteria yang mumpuni. Jangan sampai membuat para tamu undangan menjadi kecewa datang ke acara pernikahan kamu, ya.

4. Menentukan Venue Pernikahan

Salah satu persiapan pernikahan yang harus kamu lakukan adalah menentukan venue pernikahan dari jauh-jauh hari. Banyak sekali pasangan calon pengantin yang menemui kendala dalam menentukan venue pernikahan. salah satunya adalah sering terjadi ketidakcocokan antara waktu penyelenggaraan dengan ketersediaan venue pernikahan tersebut.

Apalagi kalau kamu ingin menggelar sebuah acara pesta pernikahan tepat di tanggal-tanggal cantik atau hari tertentu. Biasanya venue pernikahan sudah tidak available. lho. Maka dari itu, agar kamu bisa mendapatkan venue yang sesuai dengan keinginanmu dan pasangan. Lebih baik mencari dan memesan venue pernikahan tersebut lebih dulu.

Eits, banyak sekali hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika menentukan venue pernikahan, lho.

Yang pertama, yaitu lokasi venue pernikahan. Ini merupakan salah satu hal yang penting. Kamu harus memilih lokasi venue pernikahan yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal tamu (mayoritas).

Hal ini untuk mengantisipasi para tamu undangan yang ingin hadir di pesta pernikahanmu. Agar mereka tidak harus menempuh jarak yang cukup jauh, kok.

Yang kedua, beberapa fasilitas yang disediakan oleh venue tersebut pun juga perlu kamu pertimbangkan. Seperti misalnya, toilet dan area parkir. Jadi, bukan hanya gedung saja yang harus kamu perhatikan. Namun juga fasilitas yang sediakan pun penting demi kenyamanan semua orang yang hadir.

5. Busana Pengantin

Setiap pasangan calon pengantin ingin menawan di hari pernikahannya. Oleh sebab itu, pemilihan busana pengantin juga wajib dipersiapkan dengan baik. Kamu pun memiliki 2 pilihan yang bisa kamu terapkan dalam busana pengantin ini. Sewa busana pengantin atau membuatnya. Busana pengantin tidak hanya gaun ya, tapi busana pria juga harus dipirikan.

Jika kamu memilih untuk menyewa. Pastinya kamu akan mendapat beberapa kelebihan dan juga mendapatkan budget yang lebih miring. Sebuah pilihan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki budget pernikahan pas-pasan.

Jika kamu ingin merasa lebih spesial dan kebetulan memiliki budget yang lebih. Maka, tidak ada salahnya jika kamu ingin membuat sendiri busana pengantinnya. Dengan kamu mengeluarkan budget lebih, kamu juga mendapat kelebihannya, lho.

Kelebihannya adalah model yang kamu tersebut bisa menyesuaikan dengan keinginanmu dan ukurannya pun pas di tubuh kamu.

Tentunya, akan ada  kekurangan dan kelebihan dari setiap pilihan yang kamu ambil. Pilihan tersebut kamu ambil harus disesuaikan dengan kondisi yang kamu alami dengan pasangan, ya. Bagi kamu yang memilih untuk sewa busana pengantin. Banyak sekali tempat penyewaan busana pengantin yang menyediakan beberapa model yang up to date, kok.

6. Dekorasi Pernikahan yang Sesuai dengan Konsep

Jika sebelumnya membahas persiapan pernikahan mengenai konsep pernikahan. kini, membahas dekorasi pernikahan yang harus disesuaikan dengan konsep yang sudah kamu pilih, ya. Sebuah dekorasi yang baik ialah yang mampu memaksimalkan keselarasan peralatan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Sehingga hasil akhir dari dekorasi tersebut nampak maksimal.

Hal terpenting terdapat pada background pelaminan. Tentunya, bagian ini memang harus bisa menonjolkan sebuah konsep atau tema yang sudah kamu usung. Dengan menambahkan ornamen seperti pernak-pernik yang sesuai dan warna yang pas. Tentu akan terlihat begitu cantik.

Kamu juga bisa menyesuaikan warna background pelaminan dengan gaun pengantin. Walaupun menyesuaikan, tetapi juga harus menghindari warna yang sama dan memiliki shade warna yang persis. Hal ini bertujuan agar gaun pengantin tetap terlihat indah disandingkan dengan background yang cantik.

7. Undangan

Dekorasi yang begitu indah serta sajian menu hidangan makanan lezat. Hal tersebut tidak akan ada apa-apanya jika tidak ada tamu undangan yang hadir di pernikahanmu. Oleh sebab itu, untuk memastikan para tamu datang, kamu pun perlu menyebarkan undangan pernikahan.

Sama halnya dengan dekorasi venue pernikahan. Undangan pernikahan juga bisa didesain sesuai dengan konsep/tema acara pernikahan kamu, kok.

Biasanya, proses pembuatan undangan itu minimal 2 bulan sebelum terlaksananya hari pernikahan. beda halnya jika tempat percetakaan undangan pernikahanmu ternyata ramai dan banyak sekali antriannya. Lebih baik siapkan sedini mungkin. Sedangkan kalau penyebaran undangan itu sendiri bisa dilakukan 1-2 minggu sebelum hari-H.

Nah, sekarang sudah viral sekali undangan elektronik. Apakah kamu mengetahui perihal tersebut? kamu bisa menggunakan undangan yang seperti itu untuk kerabat dan sahabat jauh dan sulit dijangkau. Undangan elektronik ini bisa berupa file foto ataupun video. Kamu bisa memilih satu diantara pilihan tersebut, ya.

8. Souvenir

Ada beberapa orang yang mungkin berpikiran untuk tidak menggunakan souvenir pada acara pernikahannya. Tapi, sesederhana apapun souvenir yang bisa kamu gunakan. Sebenarnya persiapan pernikahan ini tetap harus ada, lho ladies. Souvenir yang kamu berikan itu menjadi sebuah memorable bagi setiap para tamu undangan yang hadir.

Kalau kamu memiliki budget minim, kamu bisa mengakalinya dengan memilih souvenir pernikahan yang sederhana dan murah, kok. Masalah seberapa banyak souvenir yang perlu kamu beli? Tentunya, disesuaikan dengan jumlah tamu undangan saja, ya.

Beberapa contoh souvenir murah yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu pilihan adalah pulpen, gelas minim, kipas kain, sapu tangan, pemotong kuku dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan modelnya? Untuk model dari souvenir pun bisa dipilih sesuai konsep undangan, lho. Jika kamu ingin lebih menarik dan memorable. Tambahkan nama kamu dan pasangan serta tanggal pernikahan pada souvenir pernikahanmu. Kamu juga bisa menambahkan memori lain seperti tanggal jadian pacaran, tanggal pertunangan dan tanggal pernikahan.

Semua itu disusun dengan begitu cantik dan berkonsep. Dengan begitu, setiap tamu undangan yang hadir bisa merasakan betapa bahagianya perjalanan cinta kamu dan pasangan.

9. Mas Kawin

Persiapan pernikahan yang satu ini merupakan salah satu hukum nikah menurut agama Islam. Dengan memberikan mas kawin pada mempelai wanita oleh mempelai pria. Jumlah, bentuk atau jenis mas kawin yang bisa diberikan pun sangat amat beragam. Perihal tersebut disesuaikan dengan keinginan serta kesanggupan dari pihak pria.

Di agama Islam, bahkan mempelai pria bisa memberikan mas kawin atau mahar berupa bacaan ayat suci Al-Qur’an. Itupun kalau mempelai wanita ikhlas untuk mendapatkan mas kawin yang berikan. Namun, di Indonesia sendiri jenis mas kawin yang paling banyak digunakan adalah cincin. Itupun pilihan kamu dengan pasangan, ya. Karena sudah banyak sekarang mas kawin yang diberikan hanya sekedar bacaan ayat suci Al-Qur’an.

Sekarang, tradisi tukar cincin saat hari pertunangan sudah banyak terjadi di kalangan anak muda. Tetapi, cincin pasangan masih kerap dijadikan sebagai mas kawin saat pernikahan. Persiapan pernikahan yang satu ini bisa kamu lakukan dengan memesan cincin khusus. Baik dari sisi desain, ukuran ataupun bahannya.

10. Menyiapkan Dokumen Pernikahan

Mengapa perlu diadakannya sebuah pernikahan? Untuk melegalkan hubungan kedua calon pengantin. Baik itu secara agama maupun secara negara. Memang, peresmian hubungan yang sah secara agama bisa dilakukan tanpa membutuhkan dokumen apapun. Namun tidak demikian dengan peresmian secara negara.

Kamu dan pasanganmu harus menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan. Seperti misalnya, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akta kelahiran, surat nikah, foto dan beberapa persyaratan wajib lainnya.

Ketika semua dokumen tersebut sudah dilengkapi. Maka, dokumen itu harus diserahkan ke KUA dan akan diproses oleh pihak yang berwenang. Pendaftaran ke KUA seharusnya dilakukan minimal 2 minggu sebelum pernikahan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penghulu nanti pada saat menggelar prosesi akad nikah.

11. Membentuk Panitia Pernikahan

Jika kamu sudah melengkapi segala persiapan pernikahan sematang mungkin. Kamu pun juga membutuhkan panitia pernikahan pada saat hari H demi kelancaran sebuah acara pesta pernikahanmu. Ketika membentuk panitia pernikahan, itu bisa dibagi menjadi 2 kelompok utama. Yaitu kelompok depan dan kelompok belakang.

Kelompok depan terdiri dari anggota yang bertugas untuk menyambut tamu dan mempersiapkan segala kebutuhan tamu. Sedangkan kelompok belakang adalah anggota yang melengkapi segala kebutuhan kelompok depan.

Yang dimaksud dari kelompok belakang adalah jika kamu tidak menggunakan vendor catering. Di mana kelompok tersebut harus memastikan bahwa makanan untuk tamu siap tanpa kekurangan.

12. Membuat Daftar Tamu

Sebenarnya, persiapan pernikahan yang lainnya ini harus bersamaan dengan proses pembuatan undangan. Memang, setiap claon pengantin wajib memiliki daftar tamu undangan yang akan diundang. sehingga pembuatan jumlah undangan pun bisa disesuaikan.

Selain itu, dengan membuat daftar tamu secepat mungkin akan membuat kamu bisa menyesuaikan venue yang akan disewa. Kamu tidak ingin kan jumlah tamu yang kamu undang begitu banyak namun venue yang kamu pilih tersebut tidak mendukung?

Begitu juga dalam memesan catering dengan porsi makanan yang harus disesuaikan dengan jumlah tamu. Jangan sampai terjadi kekurangan makanan, lho. Dikarenakan kamu akan terlihat pelit di mata tamu undangan.

13. Persiapkan Mental

Nah, persiapan pernikahan satu ini sering kali dikesampingkan oleh calon pengantin karena ada hal yang lebih penting dari ini. Padahal, jika dibandingkan dengan begitu banyaknya persiapan di atas. Mental merupakan salah satu kunci kesuksesan dari sebuah acara jika kamu sudah merasa siap.

Caranya bagaimana? kamu dan pasangan bisa berusaha untuk saling meyakinkan dan menguatkan mental masing-masing. Dengan begitu, segala persiapan dan penyelenggaraan acara pesta pernikahan bisa berjalan dengan lancar.

Ternyata, mental yang sudah siap lahir dan batin pun juga bisa membawa calon pengantin dalam menjalankan mbahtera rumah tangga secara lebih baik.

14. Perlu Ditanamkan Bahwa Persiapan Persiapan Butuh Waktu yang Cukup

Dalam pembahasan artikel ini, sudah dijelaskan bahwa dalam mempersiapkan pernikahan kamu tidak boleh melakukan dalam waktu yang singkat. Jika kamu dan pasangan ternyata hanya memiliki waktu sedikit untuk mempersiapkan. Namun, kamu perlu memastikan lagi bahwa segala kebutuhan pada saat hari H sudah beres.

Buatlah jadwal mengenai perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Semisal memperkirakan lamanya waktu pencetakan undangan, sehingga kamu bisa mulai memesan desain lebih awal.

Sebagian besar pasangan calon pengantin yang ingin menggelar sebuah acara pesta pernikahan besar-besaran. Tentunya, ingin segala sesuatu yang harus perfect, kan?

Maka, kamu perlu memastikan untuk segala persiapan dilakukan tidak kurang dari 6 bulan sebelum hari pernikahan. Ingat! Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang serba perfect itu bukanlah suatu hal mudah untuk dilakukan. Maka dari itu, sempatkan waktu untuk impian kamu dan pasanganmu itu.

Itulah ulasan mengenai beberapa persiapan pernikahan yang tidak boleh kamu lakukan dalam waktu yang singkat. Tentunya, kamu perlu menyiapkan segalanya sesuai dengan keinginan dan kondisi budget yang kamu dan pasangan miliki. Jangan terlalu dipaksakan hanya karena gengsi, ya.

sumber : https://www.weddingmarket.com/artikel/inspiration-wedding/persiapan-pernikahan

Recomendation News