Yuk, Simak Tips Memilih Venue Pernikahan Berikut Ini!

Terdapat berbagai tips untuk memilih venue pernikahan. Sebab, memilih venue pernikahan merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi para pasangan yang akan melangsungkan acara pernikahan, bagaimana tidak, pemilihan venue pernikahan merupakan hal yang tricky dan dapat menimbulkan pertengkaran-pertengkaran kecil sebelum hari pernikahan tiba.

Pastinya, kamu dan pasanganmu tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Untuk membantumu dan pasanganmu memilih venue pernikahan yang tepat dan meminimalisir kebingungan, kami telah menyediakan beberapa tips untuk kamu pertimbangkan agar tidak salah pilih venuepernikahan.

  • Tentukan Lokasi Venue Pernikahan yang Akan Kamu Pilih

Lokasi venue pernikahan yang akan kamu pilih akan menjadi patokan utamamu saat nantinya akan menentukan venue pernikahanmu. Pasti kamu menginginkan lokasi terbaik yang dapat kamu pilih untuk tamu dan orang-orang terdekatmu. Maka dari itu, lokasi venue pernikahan pilihanmu harus kamu pertimbangkan secara matang. Poin-poin pertimbangan yang dapat kamu pikirkan di antaranya adalah jarak lokasi. Jika kamu menginginkan acara pernikahan yang dilangsungkan di lokasi yang agak jauh dari pusat kota, pastikan kamu memperkirakan waktu tempuhnya dan jam berapa acara akan dimulai.

Misalnya, kamu ingin mengadakan acara pernikahan di lokasi seperti kebun teh atau hutan pinus, kamu pasti tidak ingin para tamu undangan dan orang-orang terdekatmu kepanasan karena sinar matahari, bukan? Biasanya acara pernikahan di outdoor seperti lokasi tadi akan dilangsungkan pada sore menjelang malam untuk menghindari gangguan cuaca yang terik.

  • Tentukan Budget yang Kamu Miliki

Berbicara tentang venue pernikahan pastinya tidak lepas dari yang namanya budget yang menjadi salah satu faktor yang penting untuk kamu dan pasanganmu sediakan. Jika tidak ada budget yang cukup, kamu juga tidak dapat memilih venue pernikahan yang kamu impikan. Biasanya venue pernikahan akan sesuai dengan budget jika kamu telah menemukan tipsnya. Untuk menekan budget kamu harus harus paham beberapa hal mengenai venue pernikahan seperti apa saja yang ditawarkan oleh vendor, misalnya adanya kursi dan meja untuk penunjang acara pernikahanmu, kemudian ada atau tidaknya biaya kebersihan dan biaya semacamnya dan yang paling penting adalah besar kecilnya venue pernikahan yang kamu inginkan.

Semakin besar venue pernikahan yang kamu inginkan, maka akan semakin besar pula budget yang kamu butuhkan. Hal ini juga berbanding lurus dengan jumlah tamu undangan yang akan kamu undang ke acara pernikahanmu nantinya. Jadi, sebelum memilih venue pernikahan, pastikan budgetmu aman dan tersedia, ya.

  • Tentukan Konsep Pernikahan yang Akan Kamu Gunakan

Venue pernikahan juga tidak lepas dari yang namanya tema pernikahan. Venue pernikahan akan terlihat pas dan sempurna saat tema yang diusung juga tepat sasaran. Misalnya jika kamu ingin melangsungkan acara pernikahan dengan konsep garden party, kamu dapat melangsungkannya di venue indoor maupun outdoor.

Namun, pertimbangan yang kemudian datang adalah besaran budget yang harus kamu keluarkan untuk tema tersebut. Tema garden party akan lebih meminimalisir dana jika kamu melangsungkan acara di venue outdoor. Dekorasi alami yang datang dari alam sekitar juga menambah nilai plus di mata tamu undangan dan keluarga besar yang hadir. Tema ini pun dapat dilaksanakan di venue indoor, tapi kamu harus berani mengeluarkan budget yang cukup besar untuk mendekor dan menyulap venue indoor tersebut menjadi venue pernikahan sesuai tema yang kamu inginkan.

  • Tanyakan Fasilitas yang Disediakan Oleh Vendor

Venue pernikahan kemudian juga tidak terlepas dari yang namanya fasilitas. Banyak calon pasangan yang kemudian menghabiskan dana yang cukup banyak karena fasilitas yang tersedia tidak ditanyakan sebelumnya.

Tak jarang, vendor menyediakan beberapa fasilitas yang include di dalam venue pernikahan yang akan kamu sewa. Misalnya saja kamu akan menyewa ballroom hotel sebagai venue pernikahan kamu. Pasti, di dalam venue tersebut akan juga langsung disediakan beberapa fasilitas seperti kursi untuk para tamu undangan, sound system, dan lighting standar yang ada di venue tersebut.

  • Tentukan Kapan Untuk Mem-booking Venue Pernikahan

Setelah selesai dengan menentukan beberapa hal yang akan menjadi fokus pertimbangan utama kamu, sekarang saatnya menentukan kapan untuk mem-booking venue pernikahan yang telah kamu lihat. Mem-booking venue pernikahan pastinya  tidak bisa segera dilakukan, karena kamu juga akan bertemu dengan pem-booking venue yang lain. Maka dari itu, jika kamu telah menentukan beberapa fokus pertimbangan, alangkah baiknya kamu langsung menghubungi vendor tersebut untuk mem-booking venue tersebut. Biasanya waktu pemesanan venuepernikahan dilakukan kurang lebih sekitar 12 bulan atau lebih sebelum acara pernikahan digelar. Waktu tersebut diperkirakan sudah cukup lama untuk menentukan hal-hal lain yang akan kamu gunakan di hari pernikahan kamu.

Itu tadi beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk memilih venue pernikahan kamu, jangan lupa untuk selalu mengkomunikasikan segala hal dengan calon pasangan dan keluargamu agar pada saat hari bahagiamu nanti kamu tidak akan merasa kecewa atau ada sesuatu yang mengganjal. Selamat memilih venue pernikahan!

sumber : https://www.weddingmarket.com/artikel/wedding-tips/tips-memilih-venue-pernikahan

Recomendation News