Apa Bisa Membatasi Pengeluaran Biaya Catering Pernikahan?

Apa Bisa Membatasi Pengeluaran Biaya Catering Pernikahan

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam mengadakan sebuah acara pesta pernikahan. Mulai dari make-up artist, dekorasi, catering, gaun pengantin, undangan, souvenir¸dan hal lainnya. Namun, hal yang sangat menguras budget adalah catering. Bagaimana ya membatasi biaya catering pernikahan?

Yang kita tahu bahwa catering pernikahan membutuhkakn biaya yang cukup besar, lho. Namun, itu semua kembali lagi kepada jumlah tamu undangan yang ingin kamu undang. Semakin banyak tamu undangan, maka porsi catering pun akan semakin banyak dan pengeluaran yang dibutuhkan pun semakin banyak.

Bagi kamu yang ingin menggelar sebuah acara pesta pernikahan namun tidak ingin mengeluarkan biayayang cukup banyak perihal catering. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah dengan membatasi pengeluaran biaya catering pernikahan. Lalu, bagaimanakah caranya membatasi biaya catering pernikahan? Simak triknya, ya!

1. Menentukan menu buffet dan stall

Tentunya akan ada menu buffet dan menu stall yang disajikan dalam setiap acara pesta pernikahan. Oh ya, menu buffet itu sendiri merupakan menu hidangan yang disajikan secara prasmanan. Dalam menu sajian tersebut berupa makanan berat seperti nasi dan lauk pauk.

Beda halnya kalau menu stall. Menu ini merupakan pondokan untuk menyajikan beberapa hidangan menu kudapan yang berada di tepi ruangan.

Dalam menu buffet, berbagai macam pilihan lauk pauk yang ingin disajikan berupa sayur mayur sebagai pendamping nasi. Dalam memilih menu ini, kamu harus teliti karena akan mempengaruhi biaya catering pernikahan yang akan dikeluarkan.

Maka dari itu, trik yang bisa kamu lakukan ialah dengan menghindarkan memilih menu lauk ayam atau ikan yang telah di fillet. Pada dasarnya lauk yang di sajikan berupa fillet ini tamu akan menyantap dengan mudah dan cepat, yang membuat menu ini akan cepat habis.

Oleh karena itu menu fillet lebih baik kamu hindarkan. Tetapi, kamu tidak usah khawatir ya, ladies. Kamu pun bisa memilih menu hidangan makanan yang lain berupa ayam kecap, ayam mentega atau lainnya.

Dalam menu stall, umumnya pondokan yang menyediakan menu kudapan pengantar makan berat yang berada di tepi ruangan. di mana sajian menu hidangan makanan dengan porsi yang lebih sedikit. Perbandingannya 20% stall dan 80% buffet.

Menu hidangan yang ingin disajikan pun beragam sesuai permintaan kamu. Mulai dari yang mahal seperti salmon and cod, steak. Ada pula menu dengan harga yang terjangkau seperti somay, bakso, sate, soto dan lainnya.

Untuk membatasi biaya catering pernikahan. Maka lebih baik memilih menu hidangan makanan dengan harga yang terjangkau namun masih nikmat untuk dinikmati. Metode ini bisa dibilang cukup berhasil bagi kamu yang ingin membatasi biaya tersebut.

2. Mengadakan acara pesta pernikahan di malam hari

Faktanya, siang hari adalah waktu di mana semua orang akan mengisi stamina dengan berbagai asupan makananan yang ingin di santap. Dengan porsi yang cukup besar karena rasa lapar yang tak tertahankan.

Nah, kalau mengadakan acara pesta pernikahan di malam ini. Sebagian besar orang telah mengurangi porsi makan ataupun tidak makan sama sekali pada jam tertentu. Terutama orang yang sedang menjalani proses diet atau memang menjaga postur tubuh.

Kisaran pukul 19.00 WIB rasa lapar yang dirasakan pada tamu akan cenderung menurun. Mungkin mereka akan tetap mencicipi menu hidangan yang disajikan tetapi dengan jumlah porsi yang sedikit. Dengan begitu, membatasi biaya catering pernikahan pun terlaksana, kan?

3. Mengurangi kapasitas tamu undangan

Apakah kamu termasuk pasangan calon pengantin yang ingin menggelar acara pesta pernikahan yang sakral. Namun, juga dengan suasana yang intim dengan hadirnya para keluarga, sahabat terdekat?

Jika ya, berarti ini salah satu peluang besar untukmu jika ingin membatasi biaya catering pernikahan. Disarankan untuk mengundang tamu yang memang kamu kenal saja.

Dihadirkannya keluarga dan kerabat terdekat mampu membangun suasana acara pesta pernikahan akan terasa hangat. Nah, inilah hal yang harus kamu lakukan. Ialah memilah siapa saja yang akan di undang serta sesuaikan dengan jumlah porsi yang sudah kamu tentukan.

Menu catering pernikahan yang menggiurkan dan berkesan

1. Coto Makassar

Siapa di sini yang tidak tahu menu hidangan khas Makassar ini? Sebagian besar pasangan calon pengantin memilih menu hidangan soto ayam atau soto lamongan untuk menu sajian di pesta pernikahannya.

Yang kita tahu bahwa menu soto apapun itu mampu menciptakan rasa yang lezat nan segar. Namun, bukan hanya segar yang bisa kamu rasakan. Tetapi, juga kamu akan mendapatkan vitamin karena di dalam soto tersebut ada berbagai jenis sayuran, lho. semuanya dicampur menjadi satu.

Kamu dahulu ketika mendatangi acara pesta pernikahan orang lain pastinya menu hidangan makanan yang disajikan itu-itu saja, ya? Dengan begitu, kamu akan sangat merasa bosan, kan? Dan kamu pun tidak ingin para tamu undangan kamu ketika menghadiri acara pesta pernikahan akan merasakan seperti itu juga?

Maka dari itu, menu hidangan makanan alternatif yang bisa kamu pilih adalah dengan Coto Makassar. Siapakah di sini yang sudah atau belum mencicipi soto yang satu ini? Hidangan berkuah ini berasal dari kota Makassar, lho.

Menu hidangan makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang ditambah dengan jeroan sapi. Berupa paru, hati, usus, jantung dan babat. Kemudian dilengkapi dengan beberapa bumbu rempahan yang membuat kenikmatan ketika mencicipi.

Sebagian besar orang menyantap Coto Makassar ini dengan menu pelengkap berup ketupat atau burasa yang dilengkapi dengan sambal tauco. Duh, tidak kebayang kan betapa nikmat nan lezat ketika dihidangkan pada pesta pernikahanmu? Tentunya, membuat para tamu undanganmu akan berkesan loh, ladies.

2. ChickenWings

Menu hidangan makanan Chicken Wings yang satu ini merupakan salah satu menu catering pernikahan yang menggiurkan dan berkesan di hari spesialmuBagaimana tidak, berbahan dasar olahan daging ayam bagian sayap ini yang dibaluri dengan bumbu saus pedas yang membuat para penikmatnya ketagihan ketika mencicipinya.

Bukan hanya bumbu saus aja yang membuat Chicken Wings itu nikmat. Namun, juga pada bagian sayap ayam ini yang bisa langsung memanjakan lidah penikmatnya, kok.

Menu hidangan Chicken Wings ini disajikan berupa tekstur basah di luar yang disebabkan basahnya lumuran saus. Eits, bahan baku sayap ayam ini dipanggang terlebih dahulu sebelum dibumbui saus. Agar olahan tersebut tetap terasa renyah.

Memang, menu hidangan makanan yang satu ini sudah banyak di jual di berbagai cafe yang menjual fast food. Tidak tahu apa yang membuatnya nikmat nan lezat, tapi ini selalu di buru oleh sebagian besar orang, lho.

Maka dari itu, menu hidangan makanan yang satu salah satu menu yang di buru oleh kaum millenilal, lho. Dan juga sangat cocok untuk salah satu sajian menu hidangan di hari spesialmu.

Sajian menu hidangan yang satu ini juga tepat dihidangkan para tamu undangan yang ingin santai mengobrol dengan tamu undangan lainnya. Dijamin tamu undangan kamu akan berkesan!

3. Sate Taichan

Sebagian besar pasangan calon pengantin yang menyajikan menu hidangan gubukan, menjadikan menu sate ayam pilihan yang paling efektif. Eits, kamu juga jangan menjadikan menu sate ayam untuk kamu sajikan nantinya. Karena mengakibatkan para tamu undanganmu akan bosan, lho.

Kenapa bisa dikatakan bosan? Dikarenakan sate ayam kerap kali menjadi makanan alternatif dikehidupan sehari-harinya, lho.

Nah, ini ada salah satu sajian menu hidangan alternatif yang bisa kamu pilih di hari pernikahanmu. Kamu bisa menggantinya dengan Sate Taichan. Walaupun kedua menu ini sama-sama menggunakan bahan dasar daging ayam, lho. Hanya saja yang membedakan pada penyajian bumbunya.

Kalau sate ayam pada umumnya itu dibaluri bumbu kacang, sedangkan Sate Taichan hanya dilengkapi dengan sambal cabe rawit yang pedasnya bikin nyelekit tenggorokan. Wah!

Kombinasi rasa yang diciptakan oleh menu hidangan sate ini gurih dan sedikit asin yang dipadu padankan dengan rasa pedasnya dari sambal cabe rawit. Eits, jangan lupa untuk menambahkan perasaan jeruk limo agar lebih segar ya, ladies.

4. Mie Goreng Seafood

Tidak bisa diragukan lagi kalau menu hidangan makanan yang berbahan dasar mie ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, mie itu sendiri memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Eits, namun juga tidak baik kalau kamu mengonsumsi mie yang terlalu sering, lho ladies.

Menu hidangan makanan yang satu ini bisa saja kamu jadikan sebagai salah satu menu catering pernikahan yang kamu sajikan di hari pernikahanmu. Yap, Mie Goreng Seafood menjadi salah satu alternatif bagi tamu undangan yang tidak ingin mengonsumsi nasi.

Tidak makan nasi yang diganti dengan Mie Goreng Seafood pun sama saja gizi dan kalori yang kamu dapati. Di dalam menu Mie Goreng Seafood ini ada berbagai macam hidangan laut yang dicampur dengan mie. Seperti misalnya udang, kerang atau berbagai jenis lainnya.

Tak hanya campuran mie dan berbagai jenis hidangan laut saja. Namun juga ada beberapa campuran sayuran yang bisa kamu nikmati. Itu semua disesuaikan dengan permintaan kamu dan pasangan ya, ladies. Masih tetap sehat kan, ladies?

Dijamin laris manis deh jika kamu menjadikan menu hidangan yang satu ini kamu sajikan di acara pesta pernikahanmu.

Nah, itulah ulasan mengenai membatasi biaya catering pernikahan yang bisa kamu lakukan. Memang, kalau masalah catering pernikahan tidak bisa diprediksi berapa total yang perlu kamu keluarkan biayanya. Yang pati, kamu harus mengaturnya dengan baik.

Caranya yaitu dengan kamu memilih menu hidangan makanan yang disukai oleh semua tamu undangan yang hadir. Janganlah memilih menu yang sekiranya cuman keinginan kamu dan pasangan saja.

 

Belum tentu menu keinginan kamu itu disukai pula oleh para tamu undangan. Tentunya, kamu tidak ingin menu hidangan makanan kamu tidak abis kan? Yang berujung mubazir. Dan itu tidak baik, lho ladies.

Foto: Denok Katering, GW Bush White House

Sumber : https://www.weddingmarket.com/artikel/inspiration-wedding/membatasi-biaya-catering-pernikahan

Recomendation News