7 Tips Menabung Untuk Pernikahan yang Bisa Kamu Lakukan

Pernikahan merupakan momen penting yang pastinya tidak terlupakan. Persiapan untuk melakukan pesta pernikahan lumayan banyak mulai dari konsep, gedung, catering, baju pernikahan dan masih banyak lainya Untuk itu jangan heran jika banyak pasangan yang mengeluarkan uang banyak untuk menggelar pesta pernikahan mereka. Untuk itu banyak pasangan yang rela menabung untuk pernikahan mereka.

Menabung untuk acara pernikahan dilakukan untuk membuat konsep pernikahan impian meraka dapat terlaksana. Tentunya memerlukan uang yang tidak sedikit membuat pernikahan idaman. Untuk mewujudkannya ada baiknya kamu dan pasangan menabung mulai dari sekarang. Agar kalian tidak bingung harus mulai dari mana, yuk simak 7 tips menabung untuk pernikahan idamanmu!

  1. Memiliki Komitmen

Dalam menjalin hubungan yang serius tentunya komitmen sangat dibutuhkan. Begitu pula jika kamu ingin memulai menabung dengan pasangan untuk acara pernikahan. Pastikan komitmen kalian kuat dan menyiapkan satu pemikiran agar selama proses menabung dapat dijalankan dengan baik dan mudah. Bisa juga dengan merelakan kebiasan makan di restoran sepat saji, berbelanja , hingga travelling untuk tidak kalian lakukan selama proses menabung untuk menikah ini.

  1. Membuat rinciang anggaran menikah

Cobalah mulai menyusun kebutuhan beserta rincian pengeluaran yang akan kamu dan pasangan perlukan untuk pernikahan idaman. untuk itu cobalah fokuskan biaya pada bujer seperti sewa gedung, gaun, catering, foto pernikahan dan lainya. Jangan lupakan untuk menyediakan tambahan uang untuk kebutuhan yang tidak terduga. Ini penting, agar pengeluaranmu tidak membengkak secara tiba – tiba karena hal yang tidak terduga tersebut.

  1. Siapkan rekening khusus untuk dana menikah

Jika target anggaran pernikahan yang kamu dan pasangan butuhkan sudah diketahui, langkah selanjutnya adalah membuat tabungan khusus untuk dana menikah. Membuka tabungan ini penting adar tidak tercampur dengan rekening gaji. Jika tercampur maka akan beresiko terpakai tanpa sadar uang tersebut. Selain untuk mencegah pemakaian uang tanpa sadar, adanya rekening khusus membuat kamu dan pasangan selalu ingat akan komitmen dan tujuan awal kalian menabung.

  1. Alokasikan pendapatan

Setelah kamu dan pasangan memiliki rekening khusus untuk pernikahan impian, kalian harus mulai menyisihkan sebagian dari gaji kalian untuk dimasukkan ke dalam tabungan pernikahan. Kalian tidak perlu menyisihkan setengah dari gaji kalian, cukup 20% hingga 30% saja. Perlu diingat, bahwa menyisihkan berbeda dengan menyisakan, sesegera mungkin sisihkan sebagian uang sebelum kalian menggunakan gaji yang kalian terima. Jika kalian rajin mengalokasikan dana setiap bulannya, kalian akan mengumpulkan nominal uang yang cukup besar dalam kurun waktu 3 tahun.

Misal, gaji kalian berdua adalah Rp. 6 Juta dan menyisahkan 30 % Gaji tersebut setiap bulanya, maka perhitunganya akan menjadi :

  • 6.000.000 x 30 % =  Rp. 1.800.000 / bulan
  • 1.800.000 x 36 bulan = Rp. 64.000.000
  • 64.000.000 x 2 orang = Rp. 128.000.000

Maka dalam waktu 3 tahun, kamu dan pasangan mampu memiliki tabungan sebesar Rp. 128.000.000

  1. Terapkan gaya pacaran hemat

Selama proses menabung untuk pernikahan, kamu dan pasangan harus memulai hidup hemat. Salah satunya adalah dengan menerapkan gaya pacaran yang hemat. Biaya berkencan dengan pasanganmu saat libur pun harus diperhatikan. Jangan terlalu boros seperti menontop bioskop setiap minggu atau jalan-jalan ke tempat wisata mahal. Cobalah membuat gaya pacaran yang sehemat mungkin.

  1. Catan pengeluaran dan pemasukan

Meski sudah berhemat dalam berbagai sektor, kalian harus mencatat cashflow yang terjadi setiap bulannya. Catat dengan baik setiap pengeluaran dan pendapatan sekecil dan sebesar apapun nominalnya. Dengan begitu, kalian dapat memantau apakah terdapat kebocoran dan pengeluaran konsumtif yang dapat ditekan.

  1. Menabung dengan investasi

Cara lain yang bisa dilakukan selain menabung dalam bentuk simpanan aladah dengan mulai berinvestasi. Kamu dan pasangan bisa memulainya dengan membuat tabungan dalam bentuk deposito untuk jangka panjang. Selain bunga yang diberikan lebih besar dari tabungan biasa, deposito memiliki jatuh tempo pengambilan. Selain deposito, kamu dan pasangan bisa mencoba investasi lain yang bisa dilakukan seperti emas, berlian, atau saham.

 

Itu dia tips yang bisa kamu lakukan dengan pasangan jika ingin menabung untuk pernikahan. Selain menabung menggunakan vendor pernikahan bisa memperingan biaya. Temukan vendor pernikahan yang terpercaya dan sesuai anggaran kamu di Bride Syari

 

sumber : https://www.weddingmarket.com/artikel/wedding-tips/menabung-untuk-pernikahan.

Recomendation News