Pentingnya Peran Seorang Master of Ceremony (MC) Dalam Acara Pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat sakral dan diharapkan hanya akan dilangsungkan sekali seumur hidup. Di kala itu kamu dan pasangan akan menikmati suasana menjadi raja dan ratu dalam sehari. Tentunya kamu dan pasangan pasti menginginkan ada seseorang yang dipercaya untuk membawa suasan upacara atau pesta pernikahan tersebut, sesuai dengan yang diinginkan kalian berdua beserta keluarga. Untuk itu peran MC pernikahan merupakan sesuatu hal yang penting untuk dilakukan. Kebutuhan tersebut bisa dibilang sama pentingnya seperti kebutuhan lain yang tak kalah penting untuk melancarkan acara pernikahan.

Untuk itu Ladies, dalam upacara pernikahan tersebut kehadiran dari seseorang master of ceremony sangatlah penting. Hal ini karena dia yang akan mengatur jalannya acara yang telah ditentukan baik oleh pihak kamu atau wedding organizer. Untuk itu bisa dibilang peran MC pernikahan menjadi penting sebagai salah satu faktor dari keberhasilan dan kelancaran dari sebuah acara pernikahan. Selain itu MC menjadi pemegang kendali atas memberinya informasi atau step by step acara yang akan dilakukan. Pasalnya, setiap tahapan-tahapan yang ada pada acara tersebut dipandu oleh seorang master of ceremony.

Jika dalam budaya barat selalu mempercayai seorang DJ bisa membawa jalannya upacara sekaligus memeriahkan suasana pesta, di Indonesia yang masih kental budaya timurnya membutuhkan MC profesional, dimana ia bisa membawa suasana pesta, mengerti jalannya upacara sesuai konsep yang diinginkan, melumerkan suasana kaku/dingin atau pasangan yang grogi, Agar lebih jelas berikut akan dijelaskan beberapa tugas yang menjadi tanggung jawab seorang MC:

Pertama, seorang MC pernikahan merupakan perwakilan dari permilih acara. Untuk itu pasti seorang MC akan menyusun draft tentang jalannya acara. Untuk itu dia pasti akan mengkonsultasikan hal tersebut dengan pihak yang memiliki acara tersebut. Kemudian seorang master of ceremony juga bisa dibilang sebagai pemimpin acara. Karena dia yang memandu jalannya seriap acara dalam pernikahan tersebut. Selain itu dalam melakukan tugasnya seorang MC terkadang juga akan menceritakan kisah-kisah mempelai sebagai informasi bagi para tamu yang telah hadir dalam acara tersebut. Selain itu bisa dibilang seorang mc bertugas menjaga jalannya acara agar tetap sesuai jadwal Ladies, selain itu master of ceremony juga memikul tanggung jawab untuk menjaga mood para tamu agar tetap merasa nyaman dan senang menikmati setiap acara yang diselenggarakan.

Memilih MC Pernikahan Yang Baik

Setelah mengetahui Peran MC pernikahan yang begitu besar, kamu jangan pernah menganggap remeh lagi keberadaannya di dalam sebuah pesta pernikahan. Tentunya tanpa kehadiran mereka suasana pesta akan kurang menarik dan cenderung garing. Yang menjadi peran vitalnya adalah sebagai pemandu untuk berbagai momen yang ada di dalam pernikahan. Seperti memandu pelaksanaan upacara adat, mengumumkan saat mempelai dan rombongan akan memasuki ruangan, dan lain sebagainya.

Tentunya kamu tidak akan bisa membayangkan, jika hal-hal tersebut tidak ada yang memandunya. Tentunya hal tersebut bisa kacau bukan? Belum lagi jika terjadi berbagai hal yang terjadi di luar kendali dan melenceng dari rencana. Jika terjadi hal-hal tersebut, tentunya peran MC pernikahan menjadi penting untuk mengendalikan dan membawa suasana pesta tetap meriah dan semarak. Meski terlihat mudah namun ternyata sulit untuk menemukan MC pernikahan yang bisa menyemarakan pernikahan sesuai skenario hingga menjadikan momen tersebut bisa berkesan. Untuk itu kamu akan memberikan tips memilih MC pernikahan yang baik.

  1. Mencari referensi

Hal pertama yang kamu dan pasangan lakukan adalah mencari referensi sebanyak-banyaknya mengenai MC pernikahan. Caranya bisa dilakukan menggunakan internet dan kamu bisa melihatnya di Wedding Market. atau mendapat rekomendasi dari taman atau saudara. Tentukan pilihan maksimal 3- 4 kandidat saja agar tidak terlalu banyak dalam memilih.

  1. Tentukan Kriteria MC

Kamu sebagai orang yang acaranya akan dipegang oleh seorang MC haruslah pintar-pintar dalam memilih vendor MC. Maksudnya adalah kamu harus jeli dalam menentukan kriteria MC pernikahan. Contohnya dengan memilih MC yang sudah berpengalaman dalam acara pernikahan selama 10 tahun. Maka cobalah mencari vendor MC yang berkualitas dan tentunya memenuhi kriteria yang kamu dan pasanganmu inginkan.

  1. Menentukan bugdet

Tentukan bugdet yang sesuai untuk MC pernikahan. Biaya menjadi hal penting dan juga sensitif. Kamu dan pasangan harus menentukan rangeatau besaran harga untuk MC pernikahan. Hal ini dilakukan agar kamu tidak menyewa mc yang terlalu mahal karena pasti masih ada kebutuhan yang lebih penting. Contohnya adalah menentukan range harga MC mulai dari Rp. 1 juta sampai dengan Rp. 10 juta. hal ini sangat penting supaya nantinya kamu bisa memiliki kandidat yang memang sesuai.

  1. Bertanya terlebih dahulu tenang portofolio

Setelah mencari dan menentukan sesuai dengan bugdet, kamu bisa bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai MC pernikahan tersebut. Tuliskan email dan tanyakan beberapa pertanyaan kepadanya. Contoh pertanyaan bisa berupa pengalaman MC pernikahan siapa saja yang sudah pernah ditangani dan juga kalau ada, minta portfolionya. MC yang professional pasti memiliki portfolio pekerjaannya. Portofolio menjadi hal yang penting untuk kamu dan pasangan dalam memilih MC pernikahan. Perhatikanlah setiap detail dari portofolio yang mereka kasih untuk menentukan apakah cocok atau tidak.

  1. Bertemu langsung

Memang sih sudah ada review, tapi lebih baik jika kamu meluangkan waktu supaya kamu yakin he/she is the one. Lihat cara bicara dan cara dia memperlakukan orang disekitarnya supaya kamu tahu kira-kira bagaimana nanti performance-nya. Selain itu dengan bertemu langsung kamu bisa melihat cara dia berbicara apakah sesuai atau tidak. Selain itu kamu juga bisa melihat apakah MC tersebut smart dan memiliki kratitas yang cukup tinggi.

  1. MC yang profesional

MC yang memiliki jam terbang tinggi pasti punya lebih banyak pengalaman dalam menangani berbagai macam pernikahan. Mereka tahu persis bagaimana caranya mengontrol acara pernikahan agar tidak membosankan dan berimprovisasi jika jalannya acara tidak sesuai dengan rencana. Tentunya MC yang sudah profesional dapat mengatasi segala masalah yang ada atau dapat membuat pernikahan berlangsung dengan menarik. Kalau kamu menikah dengan orang asing, pastikan MC yang kamu pilih mahir berbahasa asing. Tentunya pertimbangan mahir bahasa asing menjadi sesuatu yang penting dalam memilih MC pernikahan.

  1. Datang langsung ke acara MC tersebut

Kalau kamu memiliki waktu lebih, datanglah ke acara pernikahan dimana dia menjadi MC nya. Lihat bagaimana cara dia memandu acara tersebut. Pilih MC yang kreatif, pintar dan sopan.  MC yang kreatif dan pintar bisa membuat acara menjadi lebih menarik. Selain itu, pintar memilih MC yang sopan. Bagaimana pun ini adalah acara pernikahan bukan Sweet Seventeen Party.

  1. Sharing urutan acara

Setelah mendapat MC yang sesuai dan sudah dipastikan bisa mengisi acara pernikahanmu, maka selanjutnya adalah sharing tentang urutan acara yang ada di pernikahanmu. Ini dilakukan agar nantinya tidak ada kesalahan yang terjadi pada saat acara pernikahan. Selain itu buatlah perjanjian kontrak antara kamu dan MC agar terdapat kesepakatan secara profesional yang terjalin. Dengan sharing urutan acara hal tersebut bisa membuat sang MC pernikahan memiliki gambaran mengenai acara pernikahan kamu dan pasangan.

 

sumber : https://www.weddingmarket.com/artikel/inspiration-wedding/peran-mc-pernikahan

Recomendation News