Apa sih Wedding Organizer Itu? Apa Saja Tugasnya?

Bagi kamu yang ingin menggelar acara pesta pernikahan namun mengalami kesulitan dalam mengurusnya, kamu bisa menggunakan wedding organizer. Apa sih wedding organizer itu? Suatu jasa khusus yang dapat membantu calon pengantin dan keluarga dalam perencanaan serta pelaksanaan rangkaian acara agar pesta pernikahan di gelar sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Wedding organizer dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan berbagai macam hal acara pernikahan serta dapat membantu merumuskan konsep pernikahan. Faktanya, ini sangat memudahkan kamu untuk menggelar pesta pernikahan karena menyediakan, negosiasi dan dapat berkoordinasi dengan pihak gedung/hotel/vendor seperti cateringfotografermake up artistdekorasigrup musikdan hal lainnya.

Bagi kamu yang ingin menggelar acara pesta pernikahan namun belum menemukan apakah menggunakan sistem paket atau memilih sendiri vendor wedding organizer? Berikut kelebihan menggunakan paket pernikahan dari wedding organizer, simak ya.

Menghemat waktu

Jika kamu termasuk calon pengantin yang susah membagi waktu antara pekerjaan dengan urusan pribadi maka dengan menggunakan wedding organizer salah satu pilihan. Sangat jelas sekali bahwa dengan memilih sistem paket ini kamu akan sangat terbantu untuk mengurus segala hal yang memang harus direncanakan dengan baik.

Lebih murah

Jika kamu tidak mempunyai waktu untuk “berburu”, pastinya hanya akan ada sedikit referensi mengenai harga. Hasilnya adalah kamu tidak dapat membandingkan harga serta kualitas dari setiap vendor yang sudah kamu pilih dari beberapa referensi. Beda halnya jika kamu memilih untuk menggunakan sistem paket, maka kamu bisa negoisasi harga seperti meminta diskon ataupun bonus tambahan, prosesi negoisasi ini wajar namun jangan terlalu kebangetan. Setelah prosesi negosiasi selesai, bisa saja kamu langsung deal dengannya.

Dikoordinasikan pada 1 orang

Tidak tahu persis, setiap paket yang dikeluarkan gedung/catering/wedding organizer, pasti selalu ada satu orang yang akan mengkoordinasikan untuk semua vendor. Kamu dapat menjelaskan semua apa keinginan kamu dan pasangan kepada satu orang ini. Tentu saja sebagai penanggung jawab orang ini lebih mudah untuk di cari dibandingkan PIC dari setiap vendor kalau terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Inti dari semuanya bahwa menggunakan sistem paket ini memang memiliki keuntungan seperti lebih mudah dan ringkas, cocok sekali bagi kamu yang tidak mau ribet namun ingin acaranya lancar. Saat mempersiapkan acara pesta pernikahan termasuk kegiatan yang memberikan kesan menyenangkan. Beda halnya jika kamu termasuk orang yang sibuk dalam bekerja ini akan menjadi tolak belakang. Saat stress sudah melanda pada dirimu, wedding organizer lah menjadi jalan keluarnya. Simple kan?

Namun, tak sedikit pula bagi calon pengantin yang memiliki rasa ragu terhadap wedding organizer karena memang banyak sekali penipuan. Kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih, ya!

Apa sih Tugas Wedding Organizer itu?

Meringankan beban calon mempelai pengantin

Bukan menjadi keharusan bagi kamu dan pasangan untuk menggunakan jasa ini, namun dengan berkembangnya zaman, memang dapat diakui bahwa tiap tahun jasa ini sangat dibutuhkan karena bisa meringankan beban calon mempelai pengantin. Adapun tugas wedding organizer yang harus kamu ketahui ialah:

  • Sebagai perencana, yaitu dengan memberikan susulan dan masukan yang berkaitan tentang konsep acara, biaya, dekorasi, venue, serta vendor-vendor yang sangat dibutuhkan seperti catering, dekorasi, foto dan video, MC dan macam lainnya yang memang menjadi keinginan dan kebutuhan calon mempelai pengantin.
  • Sebagai koordinator, yaitu dengan mengkoordinasi seluruh pihak yang terlibat di pesta pernikahan, mulai dari calon mempelai, kedua belah pihak keluarga, para vendor dan pengisi acara, termasuk juga dengan sebuah rangkaian acara seperti technical meeting dan gladi bersih.
  • Membuat rangkain jadwal acara secara keseluruhan serta membentuk tim profesional yang dapat mengatur jalannya pesta pernikahan yang di mulai dari persiapan, gladi bersih sampai acaranya selesai dengan baik.

Menjadi pihak penengah serta pemersatu keluarga calon mempelai pengantin

Meskipun sudah di atasi oleh wedding organizer, biasanya akan tetap ada panitia yang terbentuk dari pihak keluarga calon pengantin. Karena kurangnya pengalaman dalam menangani pesta pernikahan maka dari pihak keluarga pun tidak tahu akan harus melakukan apa saja. Ini akan menjadi bagian tugas wedding organizer untuk mengatur panitia dari pihak keluarga calon pengantin agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.

Selalu ada saja perbedaan pendapat yang muncul dari kedua belah pihak keluarga calon pengantin. Terutama ada salah satu pihak yang memiliki posisi atau jabatan yang lebih tinggi serta pihak tersebut yang lebih besar pengeluarannya dalam menggelar acara pesta pernikahan ini. Memang wajar, sih.

Untuk kejadian yang kerap terjadi seperti ini menjadi tugas wedding organizer sebagai penengah dan pemersatu bagi keluarga calon mempelai pengantin. Tidak mudah memang melakukan ini. Namun, jikalau sudah berpengalaman pasti mempunyai kiat atau trik yang dapat dilakukan untuk menangani hal ini. Salah satunya ialah dengan menjadikan sebagai kerabat atau teman dekat, bukan sebagai client. Jelaskan dengan baik kepada pihak keluarga bahwa wedding organizer memahami betul seluk beluk pernikahan. Mintalah kepada jasa ini untuk menjelaskan apa saja hal-hal penting yang ada dalam sebuah prosesi acara pesta pernikahan. Dengan cara bersahabat dan tidak menggurui merupakan cara yang paling tepat untuk mengambil kepercayaan dari pihak keluarga calon mempelai pengantin. Biasanya, diciptakannya sifat kesabaran dan pengertian yang diberikan kepada pihak keluarga calon mempelai pengantin akan mengerti dan pada akhirnya akan menemukan titik temu yang memuaskan untuk kedua belah pihak.

Biaya yang Tidak Perlu

Sebagai pihak yang sering menangani acara pesta pernikahan, pada umumnya wedding organizer pun memahami bagaimana cara membantu calon mempelai pengantin untuk menghemat pengeluaran. Untuk menghitung makanan misalnya setiap hotel, gedung, restoran dan katering pun memiliki porsi dan harga yang cukup berbeda-beda untuk setiap satu tamu undangan. Oleh sebab itu, porsi makanan yang akan disajikan lebih baik diperhitungkan dengan tepat, tidak kurang namun juga tidak berlebihan, agar calon mempelai pengantin tenang dan para tamu undangan pun nyaman. Calon mempelai pengantin juga harus jujur ya kepada pihak jasa ini mengenai besaran biaya yang telah disiapkan untuk menggelar acara pesta pernikahan ini.

Apa Bedanya Wedding Organizer dengan Wedding Planner?

Ada banyak nama yang terbesit pada calon mempelai pengantin yang ingin menggelar pernikahan, wedding organizer atau wedding planner? Apakah perbedaan diantara nama ini? Siapakah dua profesi itu yang akan kamu butuhkan untuk membantu dalam acara pesta pernikahanmu? Mari di simak baik-baik, ya.

Wedding planner

Wedding planner ini memiliki tugas yaitu merencanakan acara pesta pernikahan kamu mulai dari awal, mengorganisir segala sesuatu, dimulai dari pertemuan keluarga, membuat janji pertemuan dengan beberapa vendor yang dibutuhkan serta selalu menemani di setiap meeting, memberikan masukan mengenai vendor mana yang cocok dengan konsep pernikahanmu sampai mengingatkan calon mempelai pengantin untuk melakukan perawatan terlebih dahulu sebelum hari pernikahan tiba.

Wedding organizer

Wedding organizer ini memiliki tugas yaitu membantu mempelai pengantin pada hari-H dan juga memastikan agar acara pesta pernikahanmu berjalan dengan baik. Membantu dalam menghubungi ­vendor-vendor yang sudah dikontrak oleh calon mempelai pengantin dan mengkoordinir mereka pada saat hari-H.

Bila kamu berada di posisi yang belum mengetahui apa saja yang akan kamu butuhkan, lokasi mana yang akan kamu jadikan sebagai tempat menggelar acara pesta pernikahanmu, katering mana yang enak dan bagus, dekorasi yang cocok dalam tema yang sudah kamu pilih, tempat pembuatan kartu undangan yang cocok dengan keinginanmu dan sebagainya, maka wedding planner yang sangat kamu dan pasangan butuhkan pada saat itu. Jika kamu dan pasangan sangat sibuk dalam dunia pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu senggang untuk mengurusi hal-hal pernikahanmu, maka wedding planner yang tepat akan menjadi teman terbaik anda.

Namun apabila kamu sudah mulai beragam persiapan bersama pasangan, sudah memilih gaun dan jas pengantin, dan juga sudah menentukan beberapa vendor yang akan membantu acara pesta pernikahanmu nantinya, maka kemungkinan besar wedding organizer adalah pilihan tepat yang akan kamu butuhkan. Setelah kamu sudah menghubungi salah satu wedding organizer pilihanmu yang cocok, maka ia akan segera menghubungi beberapa vendor yang sudah kamu tentukan untuk memastikan agar semuanya berjalan dengan baik dan semestinya. Enaknya, pada saat hari-H kamu dan pasangan hanya menikmati momen acara pesta pernikahanmu sekali seumur hidup tanpa memikirkan hal lain.

Tips Memilih Wedding Organizer yang Tepat untuk Acara Pesta Pernikahanmu!

Referensi

Memang pernikahan merupakan acara sakral yang dilakukan sekali seumur hidup bagi kebanyakan orang, maka hasil yang memuaskan dari apa yang yang dilakukan oleh pihak wedding organizer bersama dengan tim yang telah dibuatnya menjadi sangat penting. Pasangan pengantin yang merasa puas dengan pelayanan mereka bersama tim akan merekomendasikan kepada kerabat dekat ataupun keluarga yang akan menggelar acara pesta pernikahan. Untuk kamu dan pasangan lebih memantapkan pilihan maka baca-bacalah online review dari brand wedding organizer yang terpilih di dalam portal-portal terpercaya.

Bertemu

Ada pepatah “tak kenal maka tak sayang”. Maka dari itu, bertemu kemudian berdiskusi dengan pihak wedding organizer ini akan membantu kamu pada saat acara pesta pernikahanmu menjadi sangat penting. Bukan hanya kamu dapat melihat dari beberapa portfolio mereka, namun juga bisa meraskan kesan pertama yang diciptakan, bagaimana masing-masing menuangkan dan menerima ide pesta pernikahan impian kamu, dan etika serta keprofesionalan mereka saat pertama kalinya bertemu denganmu. Ingat! Kamu akan sering bertemu dengannya dan pesta pernikahanmu akan dibantu olehnya. Jadi, jagalah hubungan baik dengan mereka, ya!

Fleksibilitas

Pada poin ini, fleksibilitas memang penting dan harus ada di kedua belah pihak. Ketika kesibukan dan stress melanda dirimu dan pasangan, seorang wedding organizer bukan hanya sekedar seorang organizer yang dapat membantu sebuah acara pesta pernikahan namun juga dapat menenangkan dirimu. Di sisi biaya, dengan networking yang sudah ia miliki tentunya mampu untuk menggunakan biaya yang sudah diberikan secara maksimal untuk sebuah acara pesta pernikahan yang diimpikan clientnya.

Komunikatif

Pastinya komunikasi merupakan kunci dari sebuah kepercayaan antara kamu dan juga seorang wedding organizer yang siap membantu dalam persiapan acara pesta pernikahanmu. Pastikan juga bahwa si jasa ini yang kamu pilih dapat menunjukkan kerja sama yang baik dalam sebuah tim yang sudah dibuat. Hal ini memang sangat penting untuk keberhasilan sebuah acara pesta pernikahanmu.

Menguasai tugas

Setelah fleksibilitas dapat diandalkan dan komunikasi yang baik serta bagaimana seorang wedding organizer dan timnya yang sudah dibuat dapat menguasai tugas-tugas yang sudah diberikan merupakan hal-hal yang sangat penting. Apakah itu berhubungan dengan vendor yang akan kamu gunakan, atau bisa juga menguasai upacara adat istiadat dari konsep pernikahan tradisional maupun internasional memang sama pentingnya.

Saat ini, wedding organizer memang tak dapat dipisahkan dari rangkaian persiapan acara hingga pesta pernikahan yang sempurna yang tak dapat dilupakan bagi calon pasangan pengantin, kedua belah pihak keluarga dan para tamu undangan. Sebagian besar bagi calon pengantin yang ingin menikah menggunakan jasa ini untuk membantu dalam persiapan hingga hari istimewa impianmu. Oleh sebab itu, dalam menemukan jasa ini harus sesuai dengan kriteria di atas yang akan menjadi poin penting dalam kelangsungan sebuah acara pesta pernikahan yang istimewa, berkesan dan tak dapat dilupakan dari berbagai pihak yang turut andil dalam acara ini.

 

sumber : https://www.weddingmarket.com/artikel/inspiration-wedding/wedding-organizer

Recomendation News