Menggelar Pernikahan di Rumah Agar Tetap Berkesan? Ini Tipsnya!

Banyak sekali persepsi yang muncul terkait dalam menggelar sebuah acara pernikahan. ada yang mengatakan bahwa dengan menggelar resepsi di rumah lebih merepotkan dibandingkan dengan menggelar di sebuah gedung. Ada pula sebaliknya, namun pada dasarnya, semua hal yang dipersiapkan secara baik dan matang maka hasil yang didapatkan berjalan dengan baik, terutama bagi resepsi pernikahan di rumah. apalagi kamu mengadakan pesta di rumah itu tidak perlu mengeluarkan biaya yang begitu besar jika dibandingkan ketika menggelarnya di gedung. Maka dari itu, kamu juga bisa menyisihkan sebagian dari biaya yang dikeluarkan sebagai tabungan untuk keperluan hal yang penting, seperti DP dan cicilan tempat tinggal.

Memang, menggelar resepsi pernikahan di rumah itu sudah umum dilakukan oleh kebanyakan orang, banyak sekali keuntungan yang didapat. Sayangnya, tidak banyak yang tahu dari calon mempelai pengantin bagaimana cara untuk mengadakan resepsi di rumah agar terlihat berkesan dan membuat para tamu undangan kagum ketika bertamu.

Jika kamu ingin menggelar acara resepsi pernikahan di rumah dan ingin berhasil merancang sebuah dekorasi agar terlihat menarik dan elegan, kira-kira apa sih tips yang perlu kamu lakukan? Yups, simak baik-baik, ya berikut ini.

  • Perlu melakukan persiapan yang matang

Dalam melakukan persiapan pernikahan, lebih baik kamu lakukan dari jauh-jauh hari, minimal 2-3 bulan sebelum hari H yang bertujuan agar kamu dan pasangan bisa mempersiapkan segalanya dengan baik dan tidak terburu-buru apalagi salah dalam memilih. Dengan begitu, banyak sekali hal muncul tak terduga yang mungkin bisa saja terjadi dan cenderung berdampak pada biaya pernikahan yang sudah kamu siapkan. Untuk meminimalisir itu terjadi, kamu perlu memastikan semua tercatat dengan sangat rinci dan tidak ada satu hal pun yang terlewatkan. Nah, kamu harus teliti, ya!

Oh iya, kamu juga wajib membuat daftar apa saja yang dibutuhkan dalam mempersiapan sebuah acara pernikahan. dalam membuatnya, ada poin-poin umum yang perlu dicantumkan, seperti jumlah tamu, dekorasi, kartu undangan, katering, makeup, busana pengantin, kue pernikahan, dokumentasi, hiburan, suvenir, dan berbagai lainnya.

  • Mempertimbangkan jumlah tamu undangan

Kamu juga perlu mempertimbangkan dalam menghitung jumlah tamu undangan yang akan kamu undang, kemudian kamu perlu menyesuaikan dengan lebar dan sempitnya sebuah halaman rumah yang bertujuan agar cukup untuk menampung seluruh tamu yang hadir. Nah, jika tamu undangan kamu yang hadir melebihi kapasitas, solusi yang bisa kamu ambil ialah dengan membuat  jadwal untuk membagi waktu kedatangan tamu atau bisa juga dengan mengurangi jumlah tamu yang akan diundang.

Dengan kamu meminimalisir kapasitas jumlah tamu undangan tanpa disadari juga berarti kamu bisa menghemat biaya untuk keperluan lain, misalnya untuk makanan bahkan jumlah suvenir. Bahkan, pernikahan yang ingin memberikan kesan intimate itu hanya perlu menghadiri keluarga dan kerabat terdekat saja yang mampu menambah kesan kesakralan saat acara sedang berlangsung. Tak hanya itu, hal terpenting dalam sebuah acara pernikahan adalah sebuah ikatan yang sah menurut negara dan agama yang dianut, sehingga kamu tidak wajib untuk menggelar pesta yang begitu meriah dengan mengundang banyak para tamu. Tapii, semua itu kembali kepada prinsip kamu dan pasangan. Yang perlu memaksakan jikalau biaya yang kamu punya itu tidak mencukupi, ya!

  • Memperhatikan luas tempat resepsi dan lahan parkir tamu undangan

Ketika tamu undangan sudah tiba, yang harus diperhatkan pertama kali ialah tempat mereka berjalan dan duduk. Jika space tempat untuk berjalan saja sempit, ditambah tempat duduk yang terbatas sehingga para tamu undangan harus mengantri ketika ingin duduk, sangat dikhawatirkan jika para tamu merasa tidak betah berada di acara pernikahan kamu.

Selain pada tempat resepsi, lahan parkir untuk tamu undangan pun menjadi salah satu poin terpenting dalam menggelar resepsi pernikahan di rumah. kamu bisa juga untuk menjalin kerjasama dengan aparat setempat atau RT/RW di mana memiliki tujuan yaitu agar mereka dapat membantu dalam mengatur tempat parkir untuk kendaraan para tamu undangan. Tak boleh pula terlewatkan, kamu juga perlu meminta izin kepada para tetangga atas kenyamanan yang mereka alami mungkin saja terganggu dengan adanya pesta pernikahan yang kamu adakan nanti.

  • Memilih vendor terpercaya

Poin-poin terpenting yang harus dipersiapkan dalam pernikahan, misalnya dekorasi yang berawal dari wedding gate sampai meja makan, busana yang akan dikenakan, dan terakhir yaitu makeup dan dokumentasi foto maupun video yang harus diperhatikan sedetail mungkin. Biasanya, beberapa poin tersebut harus sesuai dengan tema dan konsep pernikahan yang sudah kamu tentukan bersama pasangan.

Maka dari itu, kamu harus memilih vendor yang terpercaya untuk menyediakan keseluruhan dalam sebuah acara pernikahan yang dapat berkesan namun tidak berlebihan, alias simple nan elegan. jika kamu menetapkan sebuah halaman rumah sebagai tempat resepsi, dengan kamu menggunakan dekorasi pernikahan minimalis dengan tatanan modern itu akan sangat membantu untuk mewujudkan pernikahan impian kamu bersama pasangan.

  • Jangan melupakan hidangan makanan

Dalam menggelar sebuah acara resepsi pernikahan, baik itu di rumah ataupun di gedung, hal utama yang paling krusial yaitu menu makanan yang dihidangkan itu harus beragam dan biasanya disajikan itu secara prasmanan. Nah, untuk urusan yang satu ini, pastinya kamu udah direpotkan dengan hal yang lain, kamu bisa menyewa jasa katering dengan pilihan menu yang lebih beragam dan bisa memilih menu apa saja yang kamu ingin disajikan di pesta pernikahanmu.

Tak hanya jasa katering, kamu juga bisa memanfaatkan tempat makan favorit yang dijadikan sebagai menu gubukan untuk menjalin sebuah kerjasama. Seperti halnya tukang sate, tukang bakso, bahkan tukang es potong dan apapun yang kamu inginkan untuk mengisi stand makanan saat resepsi. Tapi, kamu juga jangan lupa, untuk memastikan terkait jumlah makanan dan minuman jangan sampai kurang dari jumlah tamu undangan yang hadir agar seluruh tamu undangan dapat menikmati hidangan yang disajikan dengan nikmat.

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin menggelar sebuah acara resepsi pernikahan di rumah. banyak sekali problematika dalam menentukan venue antara di halaman rumah atau menyewa sebuah gedung. Diantara kedua tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, jika kamu termasuk calon pengantin yang ingin mengundang kapasitas jumlah tamu undangan yang banyak serta waktu yang tak ingin ditentukan serta tak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat, maka pilihannya yaitu menggelar di halaman rumah. tapi, itu semua balik keinginan dari kamu bersama pasangan, ya!

sumber : https://www.weddingmarket.com/artikel/inspiration-wedding/menggelar-pernikahan-di-rumah

Recomendation News